Uncategorized

Cara mengobati Aneurisma Serebral

Saat telah terjadi Aneuris Serebral  maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan Cara mengobati Aneurisma Serebral yang baik dan benar. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dan berguna sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi penderita.

Upaya untuk mencegah pecahnya aneurisma memerlukan pertimbangan dan juga berdasarkan riwayat penyakit keluarga, usia pasien dan kondisi medis penderita. Yang diperhatikan terutama terletak pada ukuran dan letak aneurisma, sehingga bisa dilakukan tindakan yang tepat. Berikut ini Cara mengobati Aneurisma Serebral.

IMG_256

saudeemfamilia.blog.br

  • Ditinjau dari Resiko Aneurisma Serebral

Jika risiko aneurisma pecah masih tergolong kecil, maka pihak dokter akan melakukan pengamatan dan pemeriksaan secara berkala. Oleh karena itu pasien juga akan dianjurkan untuk meminum obat penurun tekanan darah.

Selain memberikan obat maka dokter juga memberikan saran kepada pasien untuk dengan sebisa mungkin melakukan pola hidup sehat sehingga pasieb bisa mengubah pola makan dan gaya hidup. Contohnya pasien harus membatasi konsumsi kafein, serta menghindari kegiatan yang berat,  menghentikan kebiasaan merokok dan melakukan olah raga secara teratur.

Sedangkan pasien yang memiliki risiko tinggi aneurisma pecah, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Pada prosedur ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah aliran darah memasuki bagian aneurisma. 

  • Operasi penjepitan pada pembuluh darah atau neurosurgical clipping

Salah satu bentuk operasi yang akan dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah operasi penjepitan pembuluh darah atau dalam dunia kedokteran sering disebut dengan neurosurgical clipping.

Tujuan operasi ini adalah untuk melakukan proses penutupan pada aneurisma dengan menggunakan sebuah klip yang berbahan metal dan diletakkan pada bagian pembuluh darah yang dianggap memberikan asupan pada darah dibagian aneurisma

Oleh karena itu diharapkan aneurisma tidak  akan semakin membesar lalu pecah. Namun sebelum melakukan prosedur ini dokter terlebih dahulu akan memberikan anestesi umum.

  • Operasi endovascular coiling

Pada operasi yang menggunakan metode ini adalah dengan meletakkan sebuah kumparan yang nantinya akan diletakkan di dalam aneurisma (endovascular coiling). 

Pada prosedur operasi ini akan diawali dengan memasukkan sebuah selang kateter dari arteri pada bagian pangkal paha atau paha hingga kateter tersebut mampu menjangkau lokasi aneurisma. 

Maka selanjutnya kumparan dengan bahan platinum tersebut dimasukkan ke dalam aneurisma. Saat itu maka aliran darah tidak bisa memasuki aneurisma karena terhalang adanya kumparan ini oleh karena itu pemasangan kumparan ini diharapkan mampu mencegah pembesaran atau pecahnya aneurisma.

Pada pemasangan kumparan tersebut mungkin saja akan dilakukan dilakukan berulang kali, tetapi itu tidak masalah sebab prosedur operasi ini memiliki masa pemulihan yang lebih singkat dibandingkan dengan operasi penjepitan.

  • Melakukan Perawatan Darurat

Pada saat terjadinya kasus aneurisma yang sudah pecah, maka perlu dilakukan sebuah perawatan darurat. Dokter bisa membantu pasien dengan memberi obat untuk meredakan gejala serta juga menangani agar menimimalisis terjadinya risiko komplikasi. 

  • Memberikan Obat-obatan

Biasanya beberapa obat-obatan yang akan diberikan pada pasien berupa Obat penghambat kanal kalsium, obat ini bertujuan dalam proses mencegah vasospasme yang merupakan komplikasi dari aneurisma otak. Contoh obatnya nimodipine.

Kemudian Obat anti kejang yang berfungsi untuk meredakan kejang akibat aneurisma pecah. Contohnya adalah phenytoin, levetiracetam, serta asam valproat, Selain itu juga diberikan obat pereda nyeri, seperti paracetamol yang berfungsi untuk meredakan gejala pusing. Kemudian obat vasopressor sebagai upaya mencegah stroke. Sebab pasiean akan kekurangan suplai darah ke otak akibat pembuluh darah menyempit. 

  • Pemasangan Selang Kateter Dan Membuat Saluran Pintas atau Ventricular Or Lumbar Draining Catheters And Shunt

Tindakan berikutnya untuk untuk menangani aneurisma otak yang telah pecah dengan membuat saluran pintas (ventricular or lumbar draining catheters and shunt) serta pemasangan selang kateter.

Hal tersebut sebagai upaya mengeluarkan cairan dari dalam otak dan tulang belakang yang berfungsi untuk mengurangi tekanan pada otak.

Demikianlah beberapa Cara mengobati Aneurisma Serebral untuk mencegah terjadinya komplikasi dan berguna sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi penderita.

Referensi: halodoc.com, klikdokter.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*